Cari Tentang

Loading

Friday, May 23, 2008

MANFAAT SILATURAHMI

Sugeng-bk12 menulis "Menurut Rasulullah, Allah SWT akan melapangkan rezeki orang yang suka menyambung tali silaturahmi. Allah juga akan memanjangkan umurnya orang yang suka bersilaturahmi.

Muhammad Baqir RA. pernah mendapat wasiat dari ayahnya (Imam Zainul Abidin RA.). Ia berkata (Baqir) telah berwasiat kepadaku, "Janganlah duduk bersama lima jenis manusia. Jangan berbicara kepada mereka, bahkan jangan berjalan bersama mereka, meskipun tidak disengaja.

Pertama, Orang Fasik. Karena ia akan menjualmu hanya untuk sesuap makanan. Kedua, orang bakhil. Karena ia akan memutuskan hubungan di saat kita memerlukan. Ketiga, Pembohong. Karena ia akan senantiasa menipumu. Keempat, Orang Bodoh. Karena ia berkeinginan memberikan manfaat bagimu, namun karena kebodohannya, ia justru merugikanmu. Kelima, Orang yang memutuskan tali silaturahmi. Karena janganlah berdekatan dengannya.

Memutuskan tali silaturahmi adalah sesuatu yang dilarang oleh agama Islam.
Dalam QS. Annisa Allah berfirman "Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-namaNya, kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi."

Rasulullah pernah bersabda, "Tidak ada satu kebaikanpun yang pahalanya lebih cepat diperoleh daripada silaturahmi, dan tidak ada satu dosapun yang adzabnya cepat diperoleh di dunia, disamping akan diperoleh di akhirat, melebihi kezaliman dan memutuskan tali silaturahmi.

Al-Qurtubi mengatakan, "Seluruh agama sepakat bahwa menyambung silaturahmi wajib dan memutuskan silaturahmi diharamkan".

Menyambung silaturahmi wajib meskipun hanya dengan mengucapkan salam, memberi hadiah, memberi pertolongan, duduk bareng, ngobrol, bersikap ramah dan berbuat baik. Kalau seseorang yang henda bersilaturahmi berada di lain tempat cukup dengan berkirim surat, email, dan sebagainya, namun yang lebih afdhol kalau ia bisa berkunjung ke tempat tinggalnya. Orang yang menyambung silaturahmi akan mendapat balasan di dunia berupa : kedekatan kepada Allah SWT, rezekinya diluaskan, umurnya dipanjangkan, rumahnya dimakmurkan, tercegah dari mati dengan cara tidak baik, dicintai Allah dan dicintai keluarganya.

Dan yang terakhir, Rasulullah pernah berkata kepada Abu Bakar as-Shidiq r.a. bahwa tiga perkara berikut benar adanya. Pertama, barang siapa yang dizalimi kemudian ia memaafkan, maka kemuliaannya akan bertambah. Kedua, barangsiapa yang meminta-minta untuk meningkatkan hartanya, maka, hartanya akan berkurang. Ketiga, barangsiapa yang membuka pintu pemberian dan silaturahmi, maka hartanya akan bertambah.

Oleh karena itu, dengan website www.sma-belitang.cjb.net ini, saya mengajak kepada seluruh warga Belitang dimanapun berada, mari kita eratkan lagi tali silaturahmi antar warga belitang pada umumnya dan alumni SMAN 1 BELITANG pada khususnya. Semoga SMAN BELITANG sebagai sekolah terfavorit di Belitang menghasilkan lulusan yang berkwalitas dan berguna untuk kemajuan bangsa dan negara dan Belitang pada khususnya.


Diambil dari sma-belitang.cjb.net

No comments:

Post a Comment