Cari Tentang

Loading

Saturday, November 5, 2011

Virus Komputer


Tahukah anda, bahwa virus komputer tercipta hanya dari sebuah permainan game? Adalah John von Neumann, lahir di Budapest, Hungaria, 28 Desember 1903. Seorang matematikawan jenius yang memberikan kontribusi penting di bidang fisika kuantum. John Von Neumann adalah pionir komputer digital modern dan penerapan teori operator di bidang mekanika kuantum.

Tahun 1949 John von Neumann mengungkapkan sebuah teori yang disebut teori "self altering automata" yang mengungkapkan bahwa ada kemungkinan program komputer dapat menyebar dengan sendirinya. teori John von Neumann tersebut merupakan hasil riset dari para ahli matematika.

Pada tahun 1960 para ahli di AT&T Bell Laboratories adalah bagian dari organisasi riset dan pengembangan dari Alcatel-Lucent mencoba-coba teori yang di ungkapkan oleh John von Neumann dalam permainan game. Dalam permainan ini para ahli membuat program yang dapat menggandakan diri dan menghancurkan program lawan. Program yang dapat bertahan dan menghancurkan semua program lainnya dianggap sebagai pemenang. Permainan ini menjadi favorit di semua lab komputer, dan program yang diciptakan semakin berbahaya. Merekapun melakukan pengawasan yang sangat ketat agar program yang diciptakan tidak sampai keluar laboratorium.

Tahun 1980 akhirnya bocorlah pengamanan tersebut. Program yang akhirnya dikenal dengan nama virus tersebut keluar dari laboratorium. Program tersebut digunakan oleh orang yang kurang bertanggung jawab dan melegenda dengan julukan cyberpunk.

No comments:

Post a Comment